Sabtu, 07 Mei 2011

Sleep For Healthy



Tidur bukan semata-mata merebahkan tubuh ke kasur. Posisi tubuh saat beristirahat juga perlu mendapat perhatian. Jangan sampai menuai masalah gara-gara posisi tidur yang salah. Sakit leher, masalah perut, bahkan keriput dini bisa muncul akibat posisi tidur yang salah. Karenanya, temukan posisi tidur terbaik untuk tubuh Anda.

Telentang
Selain menghindari sakit di area leher dan punggung, posisi ini juga dapat meredam masalah perut. Gunakan bantal dengan ketebalan sedang untuk menyangga kepala agar kerongkongsn lebih tinggi dari posisi perut. Ini efektif mencegah asam lambung.
Tak adanya gesekan tubuh bagian depan ke bantal atau kasur juga membantu mencegah keriput di wajah dan payudara. Namun, posisi ini tidak baik untuk mereka yang suka mendengkur.

Miring
Posisi ini juga efektif menghindari sakitr leher dan punggung, mencegah produksi asam lambung, sekaligus meredam dengkuran. Posisi ini juga sangat baik untuk wanita yang tengah mengandung karena akan memperlancar aliran darah. Namun, posisi ini tidak bersahabat bagi elastisitas kulit wajah dan payudara.” Gesekan salah satu sisi wajah ke bantal bisa memicu keriput, juga tekanan payudara yang tidak seimbang mengganggu elastisitasnya, “ kata Dee Anna Glaser, MD, seorang profesor dermatologi di Saint Louis University.
Setengah Duduk
 posisi ini baik untuk wanita hamil yang memiliki gangguan mendengkur parah. Posisi ini akan memperlancar saluran pernafasan.
Meski bukan posisi tidur yang disarankan, tidur dengan ganjalan bantal hingga punggung juga menghindari sakit leher dan punggung, mencegah keriput, dan menjaga elastisitas payudara. “Posisi ini melengkung sehingga membatasi pernafasan diafragma, “ kata Doddy Chang, seorang ahli akupuntur berlisensi dari Center for Medicine di Greenwich Hospital, Connecticut

Tengkurap
Ini dikata sebagai posisi tidur yang paling buruk.” Tidur dengan perut menenpel dikasur membuat tulang belakang sulit mempertahankan posisi netral,” kata Shannon. Posisi tersebut juga memicu sakit keher karena kepala otomatis akan menghadap ke salah satu sisi dalam waktu cukup lama.

0 komentar:

Poskan Komentar