Jumat, 06 Mei 2011

Cara Sehat Menangkal Lapar



Siapa yang tidak pernah merasakan lapar ?
Rasa lapar bisa saja muncul bukan karena perut dalam keadaaan kosong, tetapi juga karena fluktuasi hormon. Pilihan makanan sangat penting untuk mengurangi munculnya rasa lapar akibat hormon, terutama bagi anda yang ingin menurunkan berat badan
Untuk menangkal rasa lapar dengan cara yang sehat,antara lain : 

Ikan
Daripada memilih daging merah atau ayam sebagai lauk,lebih baik pilih ikan.
Menurut dr. Susanna , ahli gizi asal Australia, indeks kepuasan memakan ikan lebih tinggi dibandingkan daging atau ayam

Jus Buah Tak Disaring

Hindari mengonsumsi jus buah dalam kemasan. Lebih baik Anda buat jus sendiri tidak disaring. Buah yang sudah hancur karena blender banyak mengandung serat yang akan menimbulkan rasa kenyang saat anda meminumnya.

3.      Tutup Hidung
Saat mencium aroma donat, roti atau muffin yang baru saja matang, memang hasrat makan bisa meningkat. Untuk menghindarinya, tutup saja hidung anda. Cara ini bisa menginduksi sekresi insulin yang membuat anda berpikir kalau anda lapar.

4.      Konsumsi Wortel Mentah
Wortel merupakan yang juga enak dinikmati dalam keadaan mentah. Menurut penelitian tim dari Irlandia, memakan wortel dalam keadaan mentah membuat anda lebih kenyang.

5.      Konsumsi Vitamin
Pastikan nutrisi tubuh terpenuhi baik. Jika Anda merasa ragu, konsumsi saja vitamin. Itu karena jika tubuh merasa kekurangan nutrisi, hasrat makan akan meningkat. Sehingga, Anda akan merasa lapar dan makan lebih banyak.

6.      Makan Di Tempat Yang Terang
Pastikan lampu di ruangan makan dalam keadaan terang. Menurut penelitianyang dilakukan tim dari University of illinois, Amerika Serikat, tempat yang temaram memicu seseorang makan berlebihan.


Sumber : www.vivanews.com

0 komentar:

Poskan Komentar