Sabtu, 14 Mei 2011

Cegah Mata Lelah di Depan Komputer




Sebagian dari anda tentu mempunyai kebiasaan yang menuntut untuk bekerja berlama-lama di depan monitor komputer. Entah itu, sekadar menulis, karena pekerjaan atau melakukan hal lain seperti bermain game dan browsing.
Efeknya mata akan cepat lelah dan kepala menjadi sering pusing. Ini akibat pancaran radiasi monitor yang terlalu lama saat anda bekerja.
Berikut ini adalah beberapa tips menghindari mata lelah, saat berada di depan monitor komputer seperti dikutip Inilah yakni:

  1. Jaga Jarak Pandang ke Monitor
Jarak pandang aman Anda ke monitor disarkan sekitar 20-40 inci atau 50-100 sentimeter dari mata. Jika Anda kesulitan membaca padahal monitor sudah berada pada jarak 20 inci, cobalah memperbesar font hingga Anda merasa nyaman.

  1. Beralih ke LCD
Monitor tabung (CRT) akan memberi efek yang buruk di banding LCD, karena energi yang dibutuhkan jauh lebih besar. Meskipun harga monitor LCD memang lebih mahal dibanding CRT, tetapi ini akan berdampak baik bagi Anda untuk selanjutnya.
Tapi bila Anda masih menyayangi monitor CRT, sebaiknya menggunakan filter antiradiasi, ini adalah solusi untuk mengurangi rasa nyeri mata.

  1. Atur Setting Monitor
Banyak monitor yang ada sekarang telah menyediakan pre-set display mode, untuk memudahkan pengguna mengganti setting layar.
Pre-set setting memberi layar brightnes yang berbeda, ini menyesuaikan kondisi penggunaan monitor. Misalnya saat Anda bekerja atau internetan warna akan terasa sejuk  di mata, lalu warna akan terlihat lebih terang ketika Anda bermain game atau nonton film.

  1. Gunakan Kacamata Antiradiasi
Walau hal ini membutuhkan biaya lebih, namun ada baiknya saat Anda memiliki cukup uang untuk membeli kacamata antiradiasi. Faktanya lapisan antiradiasi pada kacamata itu sangat berguna bagi mata Anda, karena lapisan itu secara otomatis mengurangi efek nyeri di mata akibat radiasi cahaya yang berlebihan.

  1. Mengistirahatkan Mata Secara Berkala
Cara mudah menghindari mata lelah akibat radiasi monitor adalah mengistirahatkannya secara berkala. Cobalah untuk mengistirahatkan mata dengan perbandingan lima menit pada tiap jamnya.
Anda bisa menggunakan waktu lima menit untuk berjalan-jalan, atau melihat sekeliling, yang penting menjauhkan mata dari monitor.

0 komentar:

Poskan Komentar