Sabtu, 10 September 2011

melawan INSOMNIA !!


BISA jadi insomnia alias kurang tidur alias susah tidur menjadi musuh besar Anda. Akibat nyatanya tak lain aktivitas keesokan hari di kampus ataupun tempat bekerja menjadi terganggu.

Melawan insomnia dapat dengan nutrisi , dengan memakan kombinasi makanan yang tepat di sore hari, dan yang tak kalah penting, mengetahui makanan-makanan apa yang harus dihindari.
Situs yahoo.com memberikan masukan kepada Anda apa yang tidak boleh dimakan atau diminum sebelum tidur:

 1.Kafein. Itu jelas, Anda harus menghindari minuman dan makanan yang mengandung kafein, seperti kopi, teh, beberapa minuman ringan, dan coklat, beberapa jam sebelum tidur. Kafein adalah unsur kimia yang alami yang mengaktifkan pusat sistem saraf, yang berarti bahwa kafein dapat mempercepat jalannya syaraf dan proses pemikiran atau perhatian.
2. Alkohol. Walaupun banyak orang yang menggunakan alkohol untuk membantu mereka santai sebelum tidur, namun efeknya lama-kelamaan akan berkurang, sehingga mereka bangun di tengah malam. Seiring dengan waktu, alkohol akan menyebabkan tidur menjadi kurang berkualitas, sehingga tidur hanya akan menjadi sebuah rutinitas dalam hidup. Dan jika Anda mempunyai insomnia, disarankan untuk tidak menghindari alkohol untutk beberapa minggu untuk melihat perkembangan mengenai masalah tidur Anda.
3.Makanan berat. Makan makan malam yang besar, atau bahkan cemilan besar sebelum tidur, akan membuat Anda mengantuk, tapi tidur tidak akan benar-benar nyenyak. Ketika Anda berbaring dan mencoba untuk tidur, pencernaan Anda akan melambat, membuat Anda merasa nyaman, dan bisa jadi membuat Anda terbangun. Sebaiknya Anda makan malam yang tidak lebih dari 600 kalori, dan paling tidak tiga jam sebelum tidur.

Namun,, ternyata ada hlo beberapa makanan yang dapat membantu mengantuk lebih cepat dan tidur nyenyak.
1. Kacang Almond. Kacang ini bisa membuat otot tidak tegang dan tidurpun jadi lelap. Yang terpenting almond memberikan asupan protein yang dapat menjaga kestabilan level gula darah saat sedang tidur. Cobalah 1 sdm selai almond atau 1 ons kacang almond untuk membuat tubuh lebih relaks.
2. Teh. Minuman ini sangat ampuh dalam merelaksasi syaraf-syaraf Anda. Teh hijau dan teh chamomile merupakan pilihan yang baik untuk membuat tidur Anda lelap. Teguklah setidaknya 1 cangkir teh hangat sebelum tidur dan dapatkan tidur yang nyenyak.
3. Pisang. Buah berwarna kuning ini ternyata adalah sumber magnesium sertakalium yang dapat merelaksasikan otot yang tegang. Pisang juga mengandung tryptophan yang dapat menenangkan otak. Jadi jika takut tak bisa tidur malam ini? Makan pisang sebelum tidur saja.
4. Telur Rebus. Sulit tidur bisa disebabkan karena Anda kurang protein. Telur rebus yang kaya protein ternyata tidak hanya membuat mengantuk saja. Anda akan tertidur pulas dengan menyantapnya sebelum tidur.
5. Kedelai. Kandungan estrogen dalam kedelai ternyata dapat menghilangkan kesulitan tidur Anda. Ikuti resep singkat dan mudah ini: Dalam food processor, haluskan kurang lebih 2 cangkir kedelai matang yang sudah dikupas, tambahkan 1 sdt garam, sedikit minyak zaitun dan 1 siung bawangputih sampai halus. Kedelai siap disantap dan dapatkan tidur yang lelap.




sumber : www.mediaindonesia.com
              www.indogaulforum.net

0 komentar:

Poskan Komentar